Header Ads Widget

5 Tips Untuk Memilih Sistem Operasi Yang Cocok


Oke Berjumpa lagi dengan saya sobat OneTech,

Sistem Operasi, Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak komputer yang wajib dimiliki oleh perangkat komputer ataupun Laptop. Tanpa Adanya Sistem Operasi tersebut maka Laptop atau Komputer itu tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Oke sobat OneTech, Pada saat ini Sistem Operasi memiliki banyak varian sistem, Yaitu ada WINDOWS, MACOS (Macintosh),  dan LINUX. Dari ketiga Sistem Operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. 

Terus bagaimana saya memilih sistem operasi yang cocok untuk saya ?

Untuk memilih Sistem Operasi yang cocok untuk sobat sangatlah mudah yaitu : 

1. Tentukan Kebutuhan

Tentukan terlebih dahulu kebutuhan Sistem Operasi Sobat OneTech untuk apa, Misalkan Untuk Gaming, Editing Itu Lebih Cocok di windows. Sedangkan Untuk Developing atau pengembang itu Lebih cocok Di MAC atau Linux.

Oke jadi Sobat OneTech Tentukan dulu kebutuhan sobat untuk apa.

2. Pertimbangkan kemudahan menggunakan

Nah untuk nomor 2 ini mungkin agak sedikit mengganjal, karena setiap Sistem sistem operasi memiliki kurva pembelajaran tersendiri bagi orang yang belum pernah menggunakannya, namun kurva tersebut mungkin tidak sama bagi setiap sistem operasi.

Jadi untuk Sobat OneTech Pilihlah sistem operasi yang kalian kenal saja deh :D

3. Perhatikan segi Keamanan 

Setiap Sistem Operasi juga memiliki Tingkat Keamanan nya sendiri, Sejauh Ini Linux lah yang tetap menjuarai tingkat keamanannya karena linux bersifat OpenSource sehingga virus tidak bisa masuk,

Sedangkan windows masih rentan terkena Virus, karena kelalaian User dan Sistem yang jarang sekali di Rawat. Jadi untuk para Sobat OneTech Jika Sobat memakai Sistem Operasi Windows Ceklah Apakah sudah Update Atau Belum. Untuk cara mencegah Virus masuk Sobat OneTech juga bisa baca baca di Sini nih.

4. Aplikasi Yang Akan Digunakan

Aplikasi yang akan digunakan juga berpengaruh pada OS (Operating Sistem) Sobat Lho. Kok bisa ? Ya memang beda karena setiap OS dapat membaca hanya satu extensi aplikasi yang cocok atau compatible dengan Kernelnya.

Contohnya Windows, Windows dapat mengeksekusi atau menjalankan program yang berekstensi .EXE 

Sedangkan Linux akan menjalankan atau mengeksekusi hanya program yang berekstensi.DEB 

Dan MAC akan menjalankan atau mengeksekusi hanya program yang berekstensi .pkg

Pilihlah Windows jika memang Sobat Ingin Gaming Atau Editing karena memang di windows banyak sekali Aplikasi editing yang super bagus untuk edit Video atau foto.

Pilihlah Linux Atau Mac jika memang Sobat adalah sebuah Developer atau pengembang karena di kedua OS tersebut sangat nyaman untuk Mengembangkan sebuah aplikasi atau yang biasa disebut dengan Developing.

Sebenarnya di windows juga dapat Developing sebuah aplikasi bahkan sekarang windows juga bisa menjalankan aplikasi Developing lho! seperti contohnya Android Studio !

5. Pilihlah antara x32 atau x64 bit 

Untuk para Sobat OneTech tidak usah bingung lagi dengan x32 dan x64, disini mimin akan menjelaskan keduanya.

x32 :

  • Ram dibatasi, Maksudnya jika sobat memiliki komputer dengan ram 4 GB maka Sistem operasi akan menggunakan RAM hanya Setengahnya Saja 
  • Performa, x32 bit ini hanya bisa menjalankan program atau aplikasi ringan saja seperti mengetik, menghitung, browsing dll , asalkan untuk aplikasi ringan.
  • Kemampuan memproses data, x32 bit lebih lambat dalam memproses data, kenapa ? 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit
  • Kecocokan Software, nah Perbedaan yang cukup berpengaruh juga adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit

x64
  • Ram tidak dibatasi, Maksudnya jika sobat memiliki komputer dengan RAM 4GB maka Sistem Operasi akan menggunakan 4 GB tersebut dengan sebaik mungkin.
  • Performa, x64 bisa menjalankan program atau aplikasi berat seperti halnya dengan editing Video, Desain, dll.
  • Kemampuan memproses data, x64 bit ini lebih cepat dalam memproses data, kenapa ? Karena 64 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 64 bit
  • Kecocokan Software, nah perbedaan x32 dan x64 ini terlihat dari kecocokan software atau compabilitas nya, x32 hanya bisa diinstall aplikasi yang juga berbasis x32 bit, sedangkan x64 dapat menginstall aplikasi yang berbasis x32 dan x64 sekalipun.


Enak Itu Relatif Sob !

Posting Komentar

0 Komentar