Header Ads Widget

Macam Macam Linux Karya Anak Bangsa


Oke gan,
Linux, Linux adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) maupun CLI (Command Line Interface) yang Sangat ringan, sangat OPEN-SOURCE dan sangat sangat PowerFull, Lain Halnya Dengan Windows.

Linux Diciptakan pertama kali oleh Bapak Linus Torvalds, yang katanya si Bapak Linus ini tidak puas dengan sistem operasi Windows Pada Masanya.

Pada 1991, Linus Torvalds membeli komputer pertamanya, namun ia tidak puas dengan dengan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang saat itu digunakan. Ia lebih memilih OS UNIX yang terpasang pada komputer kampusnya.

Selain itu Linux juga memiliki banyak Distro, Apa itu Distro ? Distro adalah Distribusi Linux adalah sebutan untuk sistem operasi yang dibangun dari Kernel Linux dan koleksi perangkat lunak dari sistem manajemen paket, ciri khususnya adalah Utilitas GNU.

Dan Kali ini mimin juga ingin share Macam-macam Linux Karya Anak Bangsa yang sangat Keren.

Yaitu :

1. Trustix Merdeka

Trustix Merdeka sebuah distribusi Linux untuk desktop dengan mengambil basis Trustix Secure Linux. Dengan penekanan pada security, paket-paket aplikasi yang disertakan di dalam Trustix Merdeka merupakan paket pilihan, dengan auditing yang cukup ketat untuk setiap sumber yang disertakan. Distribusi Made in Indonesia ini bertujuan lebih dari sekedar distro Linux saja. Ditargetkan menjadi jalur komunikasi masyarakat Linux dan IT. Bahasa Indonesia yang digunakan dapat dikatakan sebagai faktor pemersatu. Trustix Merdeka terhenti pengembangannya sejak Maret 2003.

2. BiJax

BiJax adalah sistem Linux sendiri yang dikembangkan pada mulanya berdasarkan linuxfromscratch. Bijax dapat dibuat untuk promosi linux, bisa juga digunakan bagi yang mau kenal linux, tapi enggak mau install, distro ini tidak mendukung jaringan.

3. WinBL

WinBL adalah perangkat lunak yang berisikan aplikasi umum berbahasa Indonesia. Dengan Software RI diharapkan mengejar ketertinggalan adopsi teknologi komputer secara luas di masyarakat, selain itu dimungkinkan untuk digunakan pembelajaran bahasa asing dalam teknologi komputer.

Hal ini dimungkinkan dengan tersedianya alternatif penggantian bahasa yang digunakan dalam Software RI ini. Software RI juga disebarluaskan untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan komputer pada masyarakat pada umumnya selain sebagai piranti pelatihan yang murah, handal dan legal. Dengan demikian diharapkan maka masyarakat Indonesia akan banyak menggunakan komputer tanpa keraguan dan kendala bahasa.

4. RimbaLinux

Karena minimnya distro buatan Indonesia, minimnya semangat kerjasama dalam komunitas Linux Indonesia, dan belum ada distro yang mewakili identitas Indonesia, maka distro Rimbalinux dibuat sebagai distro Linux desktop ringan yang bisa dikembangkan (expandable lightweight linux desktop distribution).

5. BlankON

BlankOn dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Tujuan pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya telah mengembangkan BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source.

Versi 2 (dan seterusnya) berbasis Ubuntu dan dikembangkan bersama Komunitas Ubuntu Indonesia. Salah satu varian BlankOn, BlankOn Banyumas diluncurkan tanggal 17 Agustus 2012.

6. IbisLinux

Ibis Linux Adalah Distribusi GNU / Linux From scratch, Hasil Karya Anak Bangsa Dimana ketertarikannya pada OPEN-SOURCE Code dan dimana pengguna bisa mempelajari dari awal tentang aplikasi yang ada di dalam Sistem Operasi IbisLinux Ini. Ibis Linux ini mendukung PC dengan Spek LOWEND atau yang biasa di sebut kentang karena IbisLinux Dikhususkan untuk pc x64 dengan ram 2GB saja Bisa menggunakan OS ini.

7. X-Habibie Crew
Syukur Alhamdulilah kami ucapkan pada tuhan yang maha esa, Akhirnya setelah sekian lama di nanti-nanti untuk pertama kalinya x-habie Crew Me-Release distro pentest pertama! yang siap di gunakan oleh para temen-temen setia X-Habie Crew. Distro X-habie Crew Release! untuk pertama kalinya pada tanggal 23 juli 2011 ini mengambil based ubuntu 10.10 maverick dengan menu pentest backtrack dan beberapa exploit yang telah kami tambahan bahkan kami telah meng-update keseluruhan. ~X-HabibieCrew
 Yap X-Habibie Crew Adalah Sebuah Sistem Operasi Linux Yang Diciptakan oleh dua orang hebat yaitu Abe Wisnu (Indonesia) dan Ider (Indonesia). OS ini juga mempunyai Tools yang sangat banyak kalian juga bisa unduh X-Habibie ini Klik Link Ini.

8. Dracos

Dibandingkan dengan distro pentest lain yang lebih fokus menyediakan perkakas pentest, DracOs mengedepankan sisi edukasi; menggunakan command line, pemasangan paket aplikasi dari berkas tarball, mengerti penggunaan dependensi, dan mengerti dasar sistem operasi GNU/Linux. Selain itu distro ini juga mengajarkan reverse engineering.

Dan Dracos ini dibuat oleh anak bangsa dan Bisa dibilang, hingga kini, DracOs Linux adalah satu-satunya distro pentest yang dikembangkan oleh orang Indonesia.
Cintailah Karya Anak Bangsa ! Karna Karya Itu Mahal ! Meski Sistem Operasi Linux GRATIS !

Posting Komentar

0 Komentar