Header Ads Widget

Mengenal Apa Itu Virus Ransomware Dan Bagaimana Cara Mencegahnya


Oke Gan

Virus, Virus adalah sebuah Program Komputer atau Software yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar keseluruh perangkat keras dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam Program Atau Dokumen Lain.

Pastinya Kamu tidak mau dong terkena Virus, Apa Lagi Virusnya berbahaya yang berpotensi berbau Finansial, wah pastinya sangat merugikan bagi orang yang ter Infeksi.

Nah Kali ini mimin mau mengenalkan Apa Itu Virus Ransomeware.

Ransomware adalah program jahat komputer atau Virus yang menyandera dokumen korban dengan algoritma enkripsi khusus. Setiap dokumen yang terkunci oleh peranti lunak ini hanya bisa diakses dengan cara memasukkan kode unik yang hanya dimiliki si penyebarnya, dan untuk membuka atau membersihkan virus tersebut maka Si Pelaku akan meminta Tebusan Berupa BitCoin.

Tampilan Virus Ransomeware
Bukan hanya Dokumen dan file file saja yang di enkripsi oleh virus ini, melainkan semua mekanisme kerja di sistem operasi yang terkena virus ini tidak dapat melakukan apa pun sebelum Korban membayarnya.

Jika Korban Tidak Membayar Maka Pelaku Akan Mengancam Dan Seketika Langsung Menghapus Semua data dan Konfigurasi PC Ataupun Laptop.

Di Indonesia sendiri, virus ini sudah banyak menyerang ke berbagai Rumah Sakit, Pemerintahan, dll. Cara kerja dari virus ini yaitu dengan menyusup dan menduplikasi dirinya ke dalam file sistem Windows dan mengenkripsikan seluruh file dengan cepat hanya dalam hitungan menit bahkan hitungan detik. 

LALU BAGAIMANA CARANYA SI VIRUS INI MASUK  ? 

Ransomware bisa menyerang komputer siapa saja, bisa datang dari kegiatan saat kita berselancar di dunia maya, seperti mengklik sebuah link yang ternyata 'jebakan', atau mengunduh dan membuka sebuah file.

MENGAPA HAL INI BISA TERJADI ? Kok Bisa ?!

Ternyata para peneliti meyakini hal ini dikarenakan para penjahat mengeksploitasi celah keamanan yang dinamakan EternalBlue pada OS Windows. Cikal bakal program ini dibikin dan dimiliki oleh Badan Intelijen Amerika Serikat (National Security Agency/NSA). Celah ini kemudian bocor dan dipakai para peretas untuk menerobos keamanan sistem operasi Windows dan menyebarkan ransomware WannaCry.

Setelah datangnya berita seperti ini Maka Microsoft memberikan patuah atau PERINTAH untuk para pengguna Windows agar sering sering untuk mengupdate Sistem Ke Versi Terbarunya.


Nah Kali ini mimin mau share juga bagaimana cara mencegah Virus Ransomware ini masuk

Caranya :

1. Melakukan Update Kepada Sistem SMB Server.

Salah satu cara virus ini dapat menyebar yaitu dengan memanfaatkan celah yang ada pada MBS Server. Oleh karena itu, anda harus rutin melakukan maintenance dan mengupdate MBS Server. Untuk dapat melakukan update pada MBS Server, silahkan anda kunjungi langsung link berikut ini: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

2. Menonaktifkan fitur SMB Server.

Jika anda merasa bahwa anda tidak perlu mengaktifkan fitur SMB ini, maka akan lebih baik jika menonaktifkannya.

3. Blok Port 139/445 & 3389 Pada Firewall

Matikan Atau Blok Port Tersebut Jika Tidak Digunakan, Port Tersebut bisa di masuki Virus Ransomeware ini dengan mudah, jadi berhati hati.

4. Hati Hati dalam mendownload File .exe 

Dalam mendownload dan menginstall file ber-ekstensi .exe, .bat dan ekstensi installer lainnya, sebaiknya selalu memperhatikan alamat website yang di download. Pastikan Anda mendownloadnya langsung dari website developer asli. Jika mendownload pada website lain, pastikan isi file tersebut benar-benar bebas dari virus.

5. Menonaktifkan Fitur Autoplay Hardware.

Untuk menghindari penyebaran virus dari berbagai media penyimpanan diluar komputer yang digunakan. Alangkah baiknya untuk menonaktifkan fitur Autoplay Hardware. Caranya:
Masuk ke Control Panel > Klik Hardware > Autoplay > hilangkan centang pada Use Autoplay for All Media.



Nah itu adalah pembahasan tentang Apa itu Virus Ransomeware dan bagaimana cara mencegahnya.


Jagalah PC atau Laptop mu dengan hati hati :)

Posting Komentar

0 Komentar