SHORTCUT EXCEL DENGAN "CTRL"
- CTRL+; : Menginput dan menampilkan data jam hari ini, sesuai waktu pada komputer
- CTRL+` : Alternates between displaying cell values and displaying formulas in the worksheet.
- CTRL+’ : Mengkopi formula atau rumus dari cell diatasnya.
- CTRL+1 : Menampilkan Format Cells dialog box.
- CTRL+2 : Memberikan atau menghapus Cetak tebal (bold) formatting.
- CTRL+3 : Memberikan atau menghapus Cetak miring (italic) formatting.
- CTRL+4 : Memberikan atau menghapus Garis bawah (underlining).
- CTRL+5 : Memberikan atau menghapus Garis tengah (strikethrough).
- CTRL+6 : menyembunyikan dan menampilkan objects.
- CTRL+8 : Menampilkan dan menyembunyikan outline symbols.
- CTRL+9 : Menyembunyikan Baris (rows).
- CTRL+0 : Menyembunyikan kolom (columns).
- CTRL+A : Seleksi seluruh data dalam 1 halaman (worksheets). Jika worksheets terdapat data, CTRL+A akan menseleksi area data (current region).
- CTRL+B : Memberikan atau menghapus Cetak tebal (bold) formatting.
- CTRL+C : Mengcopy Cell yang terseleksi
- CTRL+D : Uses the Fill Down command to copy the contents and format of the topmost cell of a selected range into the cells below.
- CTRL+F : Menampilkan Find and Replace dialog box, with the Find tab selected.
- CTRL+G : Menampilkan Go To dialog box.
- CTRL+H : Menampilkan Find and Replace dialog box, dengan Replace tab terseleksi.
- CTRL+I : Memberikan dan menghapus italic formatting.
- CTRL+K : Menampilkan Insert Hyperlink dialog box untuk hyperlinks baru atau Edit Hyperlink yang sudah ada
- CTRL+L : Menampilkan Create Table dialog box dengan format as table.
- CTRL+N : Membuat Workbook baru, blank workbook.
- CTRL+O : MEnampilkan Open dialog box untuk membuka file yang sudah tersimpan.
- CTRL+SHIFT+O dapat anda gunakan untuk menseleksi sel yang mengandung comment.
- CTRL+P : Manampilkan dan mengatur Print tab in Microsoft Office Backstage view.
- CTRL+SHIFT+P opens the Format Cells dialog box with the Font tab selected.
- CTRL+R : Uses the Fill Right command to copy the contents and format of the leftmost cell of a selected range into the cells to the right.
- CTRL+S : Menyimpan workbook ketika terjadi perbahan data. file name, location, dan file format akan sama.
- CTRL+T : Menampilkan Create Table dialog box. Berfungsi untuk membuat table data
- CTRL+U : Memberikan dan menghapus format garis bawah atau underlining.
- CTRL+V : Paste dan Inserts contents dari Clipboard, shortcut ini akan replaces cell yang terseleksi.
- CTRL+W : Menutup workbook window yang aktif.
- CTRL+X : Berfungsi untuk Cuts Atau memindahkan cell yang terseleksi.
- CTRL+Y : Mengulagi perintah atau aksi yang telah dilakukan sebelumya.
- CTRL+Z : Berfungsi untuk Undo command atau mengembalikan perintah sebelumnya.
SHORTCUT EXCEL DENGAN "CTRL + SHIFT"
- CTRL+SHIFT+( : Menampilkan Cell baris yang di sembunyikan.
- CTRL+SHIFT+& : Menambahkan outline border pada area data yang terseleksi
- CTRL+SHIFT_ : Menghilangkan outline border dari area data yang terseleksi
- CTRL+SHIFT+~ : Memberikan Formaty data menjadi General number format.
- CTRL+SHIFT+$ : Memberikan Format data Currency format dengan 2 decimal
- CTRL+SHIFT+% : Memberikan Format data Percentage tanpa decimal places.
- CTRL+SHIFT+^ : Memberikan Format Scientific (perpangkatan) dengan 2 Decimal places
- CTRL+SHIFT+# : Memberikan Format Date (tanggal) dengan tampilan day, month, dan year.
- CTRL+SHIFT+@ : Memberikan Format Time (waktu) dengan menampilkan hour dan minute, dengan AM atau PM.
- CTRL+SHIFT+! : Memberikan Format Number dengan 2 decimal places, thousands separator, and minus sign (-) for negative values.
- CTRL+SHIFT+* : Menseleksi area data (current region) dari cell yang aktif (pastikan tidak ada kolom dan baris kosong).
- CTRL+SHIFT+: : Menginput dan Menampilkan data tanggal saat ini, sesuai tanggal pada komputer
- CTRL+SHIFT+” : Mengkopi Nilai (value) dari cell diatasnya.
- CTRL+SHIFT+Plus (+) : Menampilkan Insert dialog box untuk menambahkan cell kosong.
- CTRL+Minus (-) : menampilkan Delete dialog box untuk menghapus cell yang terseleksi
0 Komentar
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar tidak menyinggung pihak lain atau orang lain.