Header Ads Widget

Cara Menulis Arab di Microsoft Word

 Bagi Anda yang hendak mengetik Arab di Microsoft Word, alangkah baiknya gunakan font Arabic Typesetting dengan huruf rata kanan.


 Hal penting lainnya yang selalu ada pada tulisan Arab adalah harakat. Untuk menambahkan harakat pada huruf, kita bisa memanfaatkan shortcut keyboard. Berikut adalah shortcut harakat yang penting Anda ketahui:

- Shift + Q = Fathah
- Shift + A = Kasrah
- Shift + E = Dammah
- Shift + W = Fathah Tanwin
- Shift + S = Kasrah Tanwin
- Shift + R = Dammah Tanwin
- Shift + X = Sukun
- Shift + ~ = Tasydid

 Cara menggunakan shortcut di atas adalah setelah mengetik huruf. Jadi, setelah huruf diketik, maka secara otomatis kursor akan berada sesudah huruf tersebut. Nah, saat itulah Anda memberikan harakat pada huruf.

 Mungkin ada yang bertanya “Loh, kok tidak ada harakat fathah, kasrah, dan dammah yang tegak?” Baik, harakat-harakat tersebut memang tidak ada pada shrortcut. Anda bisa menambahkannya dengan cara berikut:

Silahkan masuk ke tab Insert > setelah itu pilih Symbol > klik More Symbols…..


Setelah Anda klik More Symbols, maka akan muncul jendela baru yang berisi berbagai macam simbol. Untuk menuliskan fathah, kasrah, dan dammah yang tegak, ada kode khusus yang harus dituliskan.

- 0670 = Fathah tegak
- 0656 = Kasrah tegak
- 0657 = Dammah tegak

 Sebelumnya, Anda harus mengubah font symbol sesuai bahasa yang sebelumnya digunakan, yaitu Arabic Typesetting. Setelah itu, baru masukkan kode pada kolom Character code.





Nah itu lah cara menulis arab di microsoft word. Semoga bermanfaat. :)

Posting Komentar

0 Komentar