Header Ads Widget

Bagaimana sih cara install FW CodeIgniter 4 ?

CI4

Oke kali ini kita bahas dulu nih FrameWork yang udah populer banget di kalangan web developer dan programmer.

Saya bahas sedikit tentang CodeIgniter nih, CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC untuk membangun situs web dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.( Dikutip dari Wikipedia ).


Awal rilis CodeIgniter yaitu pada tahun 28 Februari 2006, yaitu CodeIgniter 1.7.1 dan Rilis Terakhir dan yang paling baru itu Ketika sang Programmer Jams Ferry Meninggal Dunia tepat di hari ulang tahunnya yaitu pada tanggal 24 Februari 2020, nah kemudian para Programmer CodeIgniter merayakan hari ulang tahun beliau sekaligus mengenang jasa beliau dan kemudian Rilislah CodeIgniter 4 ini.


Oke itu dia sedikit cerita mengenai CodeIgniter 4, untuk sobat yang ingin tau ceritanya lebih banyak Klik link Ini.

Selanjutnya, bagaimana sih cara menginstall CodeIgniter 4 ini ?


1. Pastikan Versi PHP kamu.


Oke, CodeIgniter 4 sekarang sudah menjadi Framework Modern, Minimal 7.2 Jika tidak nanti framework CodeIgniter 4 ini gak mau. Yaitu dengan cara :

php -v

2. Pastikan sudah memiliki git dan composer.


Sekarang CodeIgniter 4 sudah tidak lagi menginstall dengan cara Download dari web Resminya, namun sekarang sudah menggunakan Composer, Yaps sekarang sudah makin mudah dong dalam melakukan update jika ada perubahan dari server CodeIgniter nya. Meski masih bisa juga mendownload manual dari web Resminya, atau Klik Disini KLIK!.

composer -v

4. Langsung Install !

Jika kedua requirtment diatas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya langsung saja install CodeIgniter 4 ini, buka CMD, GITBASH, TERMINAL,DLL, dan ketikkan :
composer create-project codeigniter4/appstarter [nama project]
*hilangkan [] 

Contoh :


5. Jalankan Server Lokal CodeIgniter 4

Jika sudah terinstall dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menjalankan server lokal dari CI 4 ini, Memang CI4 udah ada  ? , ya jelas CI4 sudah menjadi Framework modern dong !,
php spark serve
Maka nanti akan muncul hasilnya, yaitu CodeIgniter 4.


Selamat mencoba :D

Posting Komentar

0 Komentar