Header Ads Widget

11 Cara memaksimalkan kinerja windows 10 dan mengurangi lag saat menggunakannya


Pada saat ini windows 10 adalah sistem operasi yang terbaru dari Microsoft, dengan kemajuannya ini semua orang sekarang sudah menggunakan Windows 10 ini.

Tapi pernah gak sih anda mengalami crash, ngelag atau sampai sampai bluescreen ? jika pernah, anda adalah orang yg beruntung bisa membaca di blog kami.

Kali ini mimin akan membahas bagaimana cara memaksimalkan kinerja windows 10 dan mengurangi lagnya.

1. Restart / Mulai ulang Laptop / PC

Restart atau mulai ulang perangkat adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan lag, lemot. Kenapa ? karena ketika merestart atau memulai ulang, maka beban yang di tanggung RAM akan hilang dan akan di mulai ulang.

Dan jangan lupa sebelum melakukan Restart atau mulai ulang ini anda harus menyimpan seluruh kerjaan anda, jika tidak maka akan hilang semua guys .

2. Update Windows 10

Microsoft terus merilis sistem operasi windows dengan banyak varian dan berbagai macam versi yang berbeda, yang bertujuan untuk meminimalisir BUG yang dapat menyebabkan penurunan peforma. 

Tak heran beberapa updatean windows ini terhitung minor tapi ada juga updatean windows yang dapat merubah semuanya secara signifikan.

Dengan update, semua hardware yang sedang berjalan dapat digunakan dengan baik.

3. Perhatikan aplikasi saat dihidupkan

Pada windows 10 bisa menjadi lambat akibat pada saat startup windows banyak program atau aplikasi yang berjalan, ini membuat beban RAM semakin besar.

Untuk mempercepatnya matikan aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup pada windows 10 anda.

Caranya anda tinggal buka Task Manager kemudian pilih Startup, kemudian disini anda bisa memilih dan mematikan aplikasi pada startup windows 10 anda, yang sangat berpengaruh saat dihidupkan.

4. Jalankan disk cleanup

Di windows 10 kita diharuskan untuk menjalankan disk cleanup, kenapa ? karena disk clean up ini akan merapihkan file file yang dibutuhkan oleh windows anda, dan menghapus file file dan folder yang gak berguna, cache aplikasi, installer aplikasi, halaman web offline dan  untuk mengurangi space dan mengurangi beban RAM juga.

5. Hapus aplikasi yang gak berguna

Semakin banyak aplikasi di Windows anda, maka beban Storage dan RAM anda semakin besar, karena setiap aplikasi yang diinstall akan menggunakan minimal 3% RAM meski aplikasi itu tidak digunakan sama sekali, So jadi mulai sekarang kalo gak ada aplikasi yang penting mending gausah di pasang yak.

Cara menghapusnya anda tinggal masuk Control Panel > Programs > Program and Features > Uninstall a programs, disitu terdapat semua program yang anda install.

6. Upgrade RAM

Upgrade RAM adalah cara yang paling ampuh dalam mengatasi LAG, Lemot, Karena semakin besar RAM semakin banyak pula aplikasi yang dapat kita gunakan pada saat komputer dinyalakan.

Eiittss tapi tunggu dulu jangan asal aja Upgrade RAM, karena anda harus melihat dulu dari sisi Processornya, kenapa ? jika tidak melihat dari sisi processornya maka peforma yang RAM keluarkan tidak maksimal, nanti akan ada yang namanya suffocate neck.

7. Matikan EFFECT ANIMASI

Pada windows 10 terdapat efek animasi yang dapat membuat windowsnya semakin menarik dan tidak merasa bosan pada saat menggunakannya.

Tapi dibalik dari perkataan tersebut ada beberapa PC / Laptop yang ngeLag pada saat menggunakan windows  10 dengan Efek animasi yang diberikan.

Cara untuk mematikannya itu anda tinggal masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan anda bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan.

8. Upgrade SSD

Bukan hanya RAM yang di Upgrade, dari sisi Storage juga harus di Upgrade karena dapat memberikan peforma yang jauh lebih baik.

Harddisk drive (HDD) biasa mungkin memang lebih murah, tapi solid-state drive (SSD) bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.

Pasalnya SSD menggunakan memori Flash yang memiliki kemampuan menulis dan akses lebih cepat dibanding HDD yang menggunakan disk magnetized.

9. Cek Virus dan Spyware

Virus, spyware dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot.

Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop kalian terkena virus dan melindunginya setiap saat.

10. Ganti Pengaturan Daya

Cara mengatasi Windows 10 yang lemot adalah dengan mengubah pengaturan daya baterai. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance.

11. Jalankan Perawatan Sistem

Windows 10 memiliki layanan built-in yang bisa menjalankan perawatan sistem rutin seperti defragmenting harddisk, memindai update baru dan mengecek malware.

Task seperti ini biasanya berjalan di background, tapi jika kalian merasa ada perubahan di kinerja sistem kalian bisa menjalankannya secara manual.

Caranya buka menu Control Panel kemudian pilih menu System and Security. Setelah itu pilih Security and Maintenance, klik tanda panah yang menunjukkan opsi maintenance.

Setelah itu klik Start Maintenance.
Nah mungkin itu dia 11 Cara memaksimalkan kinerja windows 10 dan mengurangi lag saat menggunakannya, Gimana nih ? udah di coba ? jika berhasil komentar dibawah yaa.

Semoga di artikel ini tentang 11 Cara memaksimalkan kinerja windows 10 dan mengurangi lag saat menggunakannya,ini bisa bermanfaat untuk anda.
Jika anda merasa terbantu dengan tutorial di all-onetech, kalian bisa ikuti di Facebook dan Telegram.

Posting Komentar

0 Komentar