Header Ads Widget

3 Framework CSS Yang Sedang Booming Di 2020




CSS, Apasih CSS ? yak CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet yang berfungsi untuk mempercatik / memperindah tampilan dari suatu halaman website.

Seperti apa sih Kodingan CSS ? Kodingan CSS ini bisa di bilang gampang gampang susah, karena untuk mengatur layout/tampilan suatu website harus mengetahui berapa aja ukurannya dan bagaimana strukturnya.Ini adalah contoh Kodingan CSS yang sangat simple.


Yak itu dia Kodingan CSS yang berada dalam tag STYLE, Bagaimana ? Rumit ? Hmm oke deh kali ini mimin bakal kasih tau Framework CSS yang dapat mempermudah kamu kamu dalam membuat layout / Tampilan Website yang cantik.

1. BOOTSTRAP




Di posisi pertama adalah Boostrap, yak Framework bootstrap adalah framework yang di kembangkan oleh TWITTER sebuah framework HTML dan CSS yang di khususkan untuk membuat tampilan sebuah website (front-end), framework ini cukup populer di kalangan programmer front-end karena kemudahan dalam menggunakannya, misalnya kita ingin membuat sebuah tombol tanpa harus menulis kode CSS untuk membuat sebuah tombol, dengan framework bootstrap kita hanya cukup menambahkan nama class btn dengan class tersebut kita sudah membuat sebuah tombol, oleh karena penggunaannya yang cukup cepat dan sangat efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Framework bootstrap telah menyediakan komponen – komponen dasar yang telah di rancang sedemikian rupa untuk menciptakan tampilan yang menarik, bersih, dan ringan. Selain komponen – komponen dasar bootstrap juga memiliki fitur grid yang berfungsi untuk mengatur tata letak tampilan sebuah website dengan mudah dan cepat, selain itu juga bootstrap memberi kebebasan kepada penggunanya untuk menambah dan mengedit kode CCS bootstrap yang telah di rancang sedemikian rupa sebelumnya, situs resmi bootsrap beralamat di https://getbootstrap.com.

2. TAILWIND CSS




Di posisi kedua yaitu ada dari TAILWIND CSS, nah apa sih TAILWIND CSS ? TAILWIND CSS adalah "A utility-first CSS framework for rapidly building custom designs“ yang ada pada web resminya. yak maksud dari utility-first? Jadi Tailwind CSS memiliki pendekatan yang berbeda dengan framework CSS yang sudah biasa kita lihat seperti Bootstrap, Foundation atau Bulma. Jika framework lainnya menyediakan komponen yang utuh dan tinggal kita gunakan, beda dengan Tailwind CSS yang memberikan class class kecil yang bisa kita gunakan dengan sangat fleksibel untuk membangun antarmuka yang sesuai keinginan tanpa harus override styles seperti di framework CSS lainnya.

Framework CSS ini juga sudah menyediakan beberapa komponen-komponen dasar yang telah dirancang juga untuk menciptakan tampilan menarik, bersih dan juga ringan, namun tidak sebanyak, tidak seperti Framework CSS dari Bootstrap yang sudah menyediakan banyak sekali komponennya. Untuk situs resminya beralamat di https://tailwindcss.com/


3. SEMANTIC UI



Di Posisi ketiga yaitu ada Framework dari Semantic UI, yap Framework Semantic UI adalah salah satu pesaing terberat framework bootstrap karena framework ini memiliki kelengkapan komponen yang banyak di butuhkan oleh para developer. Bukan hanya itu saja berikut beberapa alasan semantic UI menjadi pesaing terberat bootstrap :
  1. Komponen yang lebih lengkap
  2. Tampilan yang elegan
  3. Penulisan class tidak ribet, ringan, dan masih banyak yang lainnnya
Salah satu masalah yang sering muncul adalah penulisan class yang mungkin agak membingungkan, tapi dengan framework Semantic UI yang memiliki penulisan class yang sangat human-freindly, jadi kamu tidak perlu khawatir kesulitan dalam mempelajari framework yang satu ini, karena document dari framework ini mudah di mengerti dan mudah di implementasikan, situs resmi framework Semantic Ui beralamat di https://semantic-ui.com.

Okey mungkin segitu aja dari mimin kali ini tentang 3 Framework CSS yang sedang booming di 2020.

Posting Komentar

0 Komentar