Header Ads Widget

6 Hal Penting yang harus anda lakukan pada laptop baru

 


Hanya karena baru, bukan berarti laptop tersebut pasti memiliki peforma yang kencang dan stabil. Pada laptop baru harus membutuhkan beberapa pengaturan yang sangat vital agar laptop baru tersebut bisa semakin nyaman saat digunakan.

Meski ini tidak terlalu wajib dalam melakukan pengaturan vital ini, namun dapat memberikan efek yang dapat anda rasakan dalam menggunakan laptop ini 2-4 tahun kedepan, Kecuali laptop anda itu adalah laptop GAMING dan ULTRABOOK yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Okey pada kesempatan kali ini mimin mau membahas 6 hal penting yang harus anda lakukan pada laptop baru.

1. Update sistem operasi 

Update sistem operasi sangatlah penting pada saat anda membeli laptop baru. Kenapa ? karena seiring berjalannya waktu, sistem operasi mengalami update terus menerus pada server pusat, lalu laptop yang anda beli bisa saja tidak up to date dengan yang berada di server pusat, alhasil laptop baru yang anda beli akan mengalami kendala seperti ngelag, dll.

Entah itu MacOS , WINDOWS , maupun LINUX; setiap apapun sistem operasi yang berada di laptop baru yang kita beli, itu harus di UPDATE.

2. Hapus Bloatware

Bloatware adalah software yang telah terinstal di sistem operasi yang umumnya tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan. Sebagian besar bloatware berakhir menjadi sampah dan memakan cukup banyak penyimpanan. Karenanya, untuk mendapatkan performa yang setidaknya lebih baik, ada baiknya untuk menghapus bloatware.

3. Install Antivirus

Virus menjadi salah satu masalah yang kerap menyerang laptop, oleh karenanya ketika membeli laptop baru, pastikan antivirus yang ada berjalan dengan baik. Windows 10 sendiri hadir dengan Windows Defender bawaan yang cukup aman bagi sebagian orang.

Akan tetapi jika dirasa kurang dan ingin proteksi tambahan, bisa menggunakan antivirus lain seperti BitDefender dan Kaspersky. Sementara untuk Linux dan MacOS, jarang ada kasus terkait virus, jadi tidak wajib untuk menginstal antivirus di keduanya. Sejauh ini, sistem operasi Windows jadi yang paling rentan terkena virus.

4. Optimalkan Kinerja Batrai

Mengingat laptop adalah perangkat portable dengan energi terbatas, memaksimalkan daya tahan baterai tentu menjadi prioritas yang tidak dapat diabaikan. Beberapa tweak sederhana dapat membuat daya tahan baterai laptop menjadi lebih lama lagi. Salah satu langkah terpenting untuk ini adalah mengurangi kecerahan layar.

Selanjutnya, hindari aplikasi yang boros baterai seperti Chrome dan gunakan alternatif lain yang lebih hemat seperti Safari, Edge dan Opera. Ketiga dan yang terakhir, nyalakan mode Battery Saver di Windows 10 atau Energy Saver untuk MacOS.

5. Perhatikan Suhu Laptop

Sebagai perangkat elektronik yang menggunakan tenaga listrik, pastinya tidak lepas dari yang namanya panas. Jika laptop panas, maka peforma yang dimiliki laptop tersebut akan turun, lebih parahnya lagi tidak bisa nyala dan stuck.

6. Gunakan VPN

Mengingat ISU tentang VPN (Virtual Private Network) yang membuat kita menjadi sedikit takut karena data dapat di ambil dan di sadap, namun isu tersebut bisa dibantah karena dengan anda memilih layanan VPN yang benar ini dapat sangat membantu.

Kenapa sih harus menggunakan VPN ? dilihat dari singkatannya aja terdapat kata Virtual dan Private yang dalam arti bahasa indonesianya itu Virtual = Tiruan Private = rahasia, jadi dapat disimpulkan VPN itu adalah tiruan jaringan internet, yang dapat menyembunyikan data anda, ISP, Bahkan Lokasi anda yang sekarang singgahi, dan dapat membypass jaringan jaringan yang di blok oleh negara.

Untuk cara menggunakan VPN anda dapat melihat artikel mimin tentang VPN klik link https://www.all-onetech.xyz/2020/08/inet-gratis-openvpn-client-di-linux.html

Disini mimin sudah mengumpulkan beberapa Situs penyedia layanan VPN yang sangat tepercaya yaitu : 
  • ExpressVPN
  • CyberGhost
  • TunnelBear
  • NordVPN 
  • Windscribe
  • IPVanish
  • SurfShark
  • PrivateVPN
Mungkin itu dia 6 Hal penting yang harus anda lakukan pada laptop baru, semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan selalu ikuti all-onetech untuk informasi yang lainnya. Terima kasih.

Jika kalian merasa terbantu dengan tutorial di all-onetech, kalian bisa ikuti di Facebook dan Telegram

Posting Komentar

0 Komentar