Header Ads Widget

Cara Ubah Splash Logo Pada LInux Mint 18.x

 

 

Kali ini mimin akan share tips and trik ubah splash logo pada linux mint, seperti pada gambar diatas, menjadi mirip MacOS yaitu mengganti logo default splash logo dari Linux Mint menjadi logo Apple, cara merubahnya itu sangat mudah tidak dengan mendownload tema atau apapun itu, cukup dengan mengganti logo nya aja.

Sebelum masuk ke tutorialnya, mimin mau tanya nih,, apa sih Splash Logo ? Yaps, Splash Logo adalah sebuah halaman tunggu pada suatu Sistem Operasi, yang berfungsi untuk menampilkan logo dari Sistem Tersebut.

Sebenarnya ada lebih dari 1 cara untuk melakukan modifikasi terhadap Splash Screen pada Linux, namun disini kita akan belajar memodifikasi Splash Screen secara sederhana agar anda bisa berkreasi sebebas mungkin sesuai keinginan. Mari simak, berikut langkah langkahnya
Cara Ubah Splash Logo Pada Linux Mint 18.x

1. Siapkan Logo Apple

Langkah yang pertama yaitu siapkan logo apple yang sudah transparan atau yang tidak mempunyai backgorund apapun (.PNG). Atau anda bisa menggunakan logo di bawah ini yang sudah saya buat menjadi transparan (.PNG).

2. Buka File Manager

Langkah kedua yaitu buka file manager kemudian ubah nama atau rename logo apple yang sudah anda downloadn menjadi logo.png

3. Buka Terminal

Lanjut dari langkah kedua, yaitu masih tetap di mana anda tadi mengubah nama dari logo tersebut, nah langkah ketiga ini buka terminalnya dengan cara klik kanan aja pada file managernya kemudian pilih buka terminal maka akan terbuka seperti ini. Kemudian Ketikkan perintah 
$ls

4. Copy File Splash Logo Apple 

Langkah ke empat copykan Logo Apple tadi ke direktori /usr/share/plymouth/themes/mint-logo dengan cara

$sudo su
[sudo] password for arikun: *masukan password*
#cp logo.png /usr/share/plymouth/themes/mint-logo
Jika sudah silahkan cek ke directory /usr/share/plymouth/themes/mint-logo, apakah sudah ada (logo apple) tadi yang kita sudah copykan atau belum.
Jika sudah selesai langkah selanjutnya adalah menghapus spinnernya, dengan cara

#exit
$cd /usr/share/plymouth/themes/mint-logo
$sudo rm -rf spinner.png
[sudo] password for arikun: *password*
Sudah selesai terhapus

5. Update GRUB

Langkah terakhir yaitu update GRUB yang sudah kita edit dengan perintah 
sudo update-initramfs -u
Jika sudah silahkan restart linux mint anda dan anda akan langsung melihat perubahaannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan selalu ikuti all-onetech untuk informasi yang lainnya. Terima kasih.
Jika kalian merasa terbantu dengan tutorial di all-onetech, kalian bisa ikuti di Facebook dan Telegram

Posting Komentar

0 Komentar